Studio

INTERIOR STUDIO MUSIK /KARAOKE

Pernahkah anda membayangkan memiliki studio musik sendiri di dalam rumah. Tentunya hal ini akan menambah keseruan anda di dalam rumah, bahkan gak akan heran jika anda merasa betah di rumah dengan adanya ruang khusus studio musik atau ruang karaoke. Dengan memiliki ruang studio musik sendiri pastinya akan lebih seru dan anda bisa membawa teman anda untuk berkunjung ke rumah.

Nah, untuk itu anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk menciptakan studio musik atau ruang karaoke di rumah anda sendiri. Di samping itu, tentu anda harus mempersiapkan ruang khusus untuk studio musik yang juga bisa anda padukan dengan konsep rumah yang anda pilih.

1.Ukuran Ruangan Studio Musik

Untuk menciptakan sebuah studio musik di dalam rumah bisa difokuskan pada ruangan yang anda inginkan. Ukuran ruangan sebenarnya bisa bergantung pada keadaan ruangan yang anda miliki atau keinginan si pemilik rumah. Namun demikian, standar atau ukuran biasa yang diperlukan untuk ruang studio adalah 4×5 untuk ukuran yang cukup nyaman.

Pemilihan ruangan juga perlu diperhatikan. Agar tidak mengganggu anggota keluarga yang lainnya maka sebaiknya ruang studio ditempatkan di area yang jarang dilalui orang seperti di bagian belakang rumah atau di basement dan lainnya.

Adapun untuk ukuran plafon dalam ruangan, sebaiknya untuk tinggi plafon dibuat tidak terlalu tinggi. Karena hal ini bisa membuat gelombang suara semakin besar sehingga hasil suara yang dihasilkan pun menjadi tidak memuaskan.

2.Konsep desain interior Studio Musik

Untuk menciptakan interior studio musik/ karaoke yang menarik tentu dibutuhkan konsep yang matang. Rancangan atau konsep ruang studio ini diarahkan pada peredam suara yang perlu dipasang di dinding, lantai dan juga pada plafon sehingga tidak terjadi kebisingan di luar ruang studio dan dapat tercipta kualitas suara musik yang lebih prima di dalam ruangan.

Peredam suara ini sangat penting dalam konsep pertama studio musik atau ruang karaoke. Jika tidak menggunakan peredam suara maka anda tidak akan bisa bernyanyi atau bersenang-senang secara santai di dalam ruang studio karena akan terdengar ke luar ruangan dan bahkan ke satu RT. Secara ideal, peredam suara ini diaplikasikan pada dinding dan plafon dengan lapisan drywall yang menggunakan penyelesaian panel kayu untuk meredam suara.

3.Pemilihan alat musik dan furniture

Selanjutnya adalah anda perlu menentukan alat musik yang perlu anda tempatkan di dalam ruang studio. Anda bisa meletakkan alat musik kesukaan anda saja atau mungkin dengan lengkap seperti drum, bass, gitar, dan tak lupa sediakan speaker dan mikrofon.

Di samping itu agar terasa lebih nyaman maka anda bisa menambahkan furniture tambahan seperti sofa atau kursi santai di sudut ruangan, cermin lebar, rak penyimpanan barang, rak buku musik dan juga rak untuk tempat album musim. Anda juga bisa menambahkan kipas angin atau mengaplikasikan ruang ber-AC agar lebih nyaman.

4.Dekorasi ruang Studio dengan Aksesoris

Pastinya, sebuah ruangan akan terlihat menarik jika didekorasi dengan lebih tepat. Untuk mendekor ruang Studio bisa anda rancang sendiri dengan kesukaan anda, misalnya dengan menambahkan aksesoris berupa poster tokoh atau penyanyi yang anda suka dan tempelkan pada dinding dengan beraturan, agar terlihat lebih rapih. Selain itu, anda juga bisa menempelkan beberapa lukisan atau miniatur berupa alat-alat musik yang lebih mungil.

Anda perlu memilih warna cat dinding yang lebih kalem dan menarik, misalnya dengan menggunakan beberapa warna dengan corak bergaris, atau dengan menempelkan wallpaper unik. Yang pasti sesuaikan warna dinding yang anda pilih dengan beberapa furniture lainnya agar tampil lebih menarik dan enak dipandang mata.