Ruang Tamu

INTERIOR RUANG TAMU

Dalam sebuah rumah tentunya, ruang tamu adalah ruang paling depan yang ada dalam konsep rancangan rumah. Karena ruangan ini adalah sebagai penerimaan tamu yang karenanya harus dirancang lebih tepat dan indah. Karena ruang tamu adalah ruang utama yang akan dilirik pertama kali oleh setiap tamu yang berkunjung ke rumah anda.

Untuk menciptakan ruang tamu yang nyaman maka anda harus memperhatikan banyak hal. Menentukan desain interior ruang tamu sangatlah penting, karena kenyamanannya bisa membuat tamu anda yang berkunjung merasa betah dan kerasan berada di dalam rumah anda.

A.Menciptakan Suasana Nyaman

Kenyamanan adalah hal paling utama yang harus dipikirkan oleh setiap pemilik rumah. Karena jika suasana tidak nyaman maka siapapun akan merasa tidak betah untuk tinggal di rumah termasuk diri anda sendiri. kenyamanan ini bisa diciptakan dari berbagai hal seperti:

1.Ukuran luas dari ruang tamu kadang kala merupakan penentu sebuah kenyamanan, tapi hal tersebut tidak akan terus mendominasi.

2.Kenyamanan bisa diciptakan dengan pemilihan furniture yang tepat dan juga penataan yang tepat.

3.Sebaiknya jangan terlalu banyak menaruh barang di ruang tamu agar bisa memberikan kesan lebih rapih dan bersih. Letakkan barang utama seperti kursi atau sova, meja dan bisa ditambahkan dengan rak buku.

 

B.Memberikan Kesan Luas pada Ruang Tamu

Untuk memberikan kesan luas pada ruang tamu yang sempit maka yang harus anda perhatikan adalah tata letak yang tepat dan juga pemilihan furniture. Selain itu warna cat dinding juga berperan dalam menentukan kesan yang luas pada ruang tamu.

Ada banyak model ruang tamu yang bisa anda pilih untuk didekorasi dengan kesan lebih luas. Bahkan anda bisa menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga ataupun ruang tamu dengan ruang makan sehingga tidak perlu menggunakan sekat dinding, dan hal ini akan memberikan kesan lebih luas untuk ruang tamu anda.

Anda bisa memilih sekat rak buku atau lemari untuk ruang tamu dan ruang keluarga sehingga akan nampak lebih luas. Hindari warna gelap jika anda memiliki ukuran ruang tamu yang kecil karena ini hanya akan bikin ruang tamu berkesan sempit.

C.Memilih Furniture dan Penataan yang Tepat

Ada banyak jenis furniture yang bisa anda pilih sesuai dengan gaya atau model desain interior yang anda pilih. Ada banyak gaya interior yang bisa anda terapkan untuk ruang tamu seperti gaya klasik, gaya kontemporer, gaya modern, gaya minimalis atau gaya minimalis modern. Hal ini juga harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan atau letak geografis rumah. Misalnya anda bisa pilih konsep ruang tamu dengan gaya klasik menggunakan gaya rumah kayu untuk rumah anda yang dekat dengan pantai. Atau anda bisa pilih konsep ruang tamu modern dan minimalis jika anda tinggal di sebuah perkotaan.

Nah, untuk memilih furniture sebaiknya disesuaikan dengan ukuran ruang tamu yang anda miliki. Jika anda memiliki ukuran ruang tamu yang mungil maka sebaiknya pilih konsep minimalis agar lebih multifungsi. Anda bisa pilih sova dengan bentuk memanjang persegi dan pilih meja mungil memanjang. Serta aplikasikan rak buku yang menempel langsung pada dinding agar menghemat ruangan menjadi lebih luas.

D.Dekorasi dan Pemilihan Warna yang Tepat

Nah, ini dia langkah terakhir anda adalah dengan memperhatikan dekorasi ruang tamu yang tepat. Anda bisa menampilkan sebuah ruang tamu yang sangat nyaman dan harmonis dengan memilih warna dinding yang tepat seperti perpaduan ungu dan krem, atau ungu dan putih, warna coklat, merah marun, hijau dan krem serta lainnya.

Selanjutnya anda bisa mendekorasinya dengan lampu hias menggantung berwarna sesuai dengan dinding. Pilih juga warna sova dan bantal sova yang sesuai dengan konsep serta tak lupa tempelkan beberapa frame dan lukisan mungil.