Ruang Keluarga

INTERIOR RUANG KELUARGA

Sebuah ruangan untuk menciptakan keharmonisan dan keakraban dalam sebuah keluarga adalah ruang keluarga. Ruangan ini bisa menciptakan kehangatan dalam sebuah keluarga, karena itu ruang ini pun penting untuk diperhatikan. Desain interior yang bisa anda ciptakan untuk ruang keluarga bisa anda sesuaikan dengan konsep rumah yang anda miliki dan sesuaikan pula dengan karakter yang anda inginkan, sehingga ketika anda sedang berkumpul maka akan tercipta kenyamanan dan kehangatan.

Ruang keluarga tidak perlu luas atau besar, karena yang terpenting adalah kehangatan di dalamnya. Bahkan anda bisa menciptakan ruang keluarga yang menyatu dengan ruang tamu. Jika anda memiliki ukuran ruang tamu yang lebih luas maka bisa pula disatukan dengan ruang keluarga tanpa harus menggunakan sekat. Bahkan, jika tidak ada tamu yang berkunjung maka ruang tamu ini juga bisa sekaligus menjadi ruang keluarga.

Bagaimana menata ruang keluarga yang hangat?

Untuk menciptakan kehangatan dalam sebuah interior ruang keluarga maka tentunya anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti di bawah ini:

a.Jika anda memiliki ukuran ruang keluarga yang kecil maka anda bisa menatanya dengan memilih furniture minimalis dan cukup menempatkan sebuah karpet hangat untuk menemai kebersamaan keluarga.

b.Anda perlu meletakkan beberapa barang yang disukai dalam keluarga anda sehingga bisa menambah kehangatan saat berkumpul, misalnya rak buku berisi buku-buku cerita.

c.Anda bisa menyatukan ruang tamu dengan ruang keluarga jika anda tidak memiliki ruang khusus untuk ruang keluarga, dan sebaiknya tidak perlu menggunakan sekat agar tidak berkesan sempit.

d.Pilihlah warna yang tepat untuk menciptakan kehangatan saat berkumpul bersama. Sebaiknya hindari warna gelap karena hanya akan berkesan sempit, sesak dan tidak hidup.

Apa saja furniture yang tepat di ruang keluarga?

Tentu ada banyak jenis furniture yang bisa anda letakkan di ruang keluarga. Tapi sebaiknya pilih furniture minimalis agar membuat ruang keluarga terasa lebih luas, tidak sempit dan lebih leluasa bergerak khususnya untuk anda yang telah memiliki banyak anak.

Jika ukuran ruang keluarga lumayan luas maka anda bisa meletakkan sova di sudut ruangan, kursi santai dan juga karpet hangat di tengah ruang keluarga. Tapi jika anda hanya memiliki ukuran ruang keluarga yang kecil maka sebaiknya aplikasikan karpet hangat untuk tempat berkumpul, dan aplikasikan pula beberapa furniture minimalis seperti rak buku yang tertempel pada dinding, lemari televisi minimalis dan juga rak panjang untuk tempat boneka.

Memilih beberapa barang pun tentu sangat penting, karena anda harus memperhatikan keluarga anda sehingga tercipta sebuah kehangatan dan kenyamanan saat berkumpul. Jika anda memiliki buah hati yang masih kecil maka anda bisa meletakkan beberapa mainan anak dan juga boneka yang ditata rapih di atas rak di sudut ruangan. Anda juga bisa meletakkan beberapa buku cerita, buku bergambar, komik anak, dan audio serta sound untuk menambah kehangatan keluarga saat berkumpul.

Bagaimana konsep dekorasi yang cantik dan menarik?

Konsep dekorasi yang perlu anda perhatikan adalah pemilihan warna dinding dengan perabotan atau furniture. Suasana ruang keluarga akan terasa lebih hidup jika anda memilih furniture berwarna dan berbeda dengan warna dinding. Akan lebih baik anda memilih warna berbeda agar terlihat lebih indah tapi harus tetap selaras.

Agar terlihat lebih indah anda bisa meletakkan vas bunga di samping televisi atau di atas meja ruang keluarga. Selain itu anda juga bisa menghias dinding dengan vas bunga, lukisan dan akan lebih baik jika anda menempelkan banyak frame foto keluarga anda agar terasa lebih akrab dan hangat.