Kamar Tidur

INTERIOR KAMAR TIDUR

Menata kamar atau merancang desain interior kamar sebetulnya sangatlah penting, karena kamar merupakan ruang khusus istirahat yang ada di dalam rumah. Sebagai ruangan istirahat, tentu harus memiliki penataan yang harus lebih diperhatikan. Sehingga kamar yang anda tempati bisa memberikan kenyamanan dan juga ketenangan. Bahkan tidak hanya untuk istirahat, tapi juga sebagai ruang belajar, ruang bersantai atau saat anda sedang berkumpul bersama teman anda di dalam kamar, maka kamar tidur memerlukan penataan yang tepat.

Tata Letak dan Penataan Kamar
Inilah hal terpenting dalam memperhatikan desain interior kamar tidur. Tata letak kamar atau penataan kamar sangat identik dengan pemilihan jenis furniture ataupun hiasan kamar. karena itu, jika anda memiliki ukuran kamar yang sempit maka sebaiknya pilih furniture minimalis yang bisa anda terapkan lebih mudah sehingg tetap menciptakan susana kamar yang nyaman dan berkesan lebih luas.

Contoh furniture yang bisa anda pilih adalah seperti:
– Aplikasi tempat tidur lebih tinggi sehingga bisa meminimalisir tempat di bawahnya dijadikan sebagai ruang belajar atau tempat lemari dan rak buku
– Tempat tidur yang diaplikasikan bersama laci kecil di bagian bawah bisa berfungsi sebagai lemari pakaian.
– Adapun tempat tidur tinggi beraplikasi langsung dengan lemari dan rak buku serta meja belajar di bagian bawahnya.
– Tempat tidur tinggi dengan tangga yang diaplikasikan sebagai beberapa rak kecil dan di bagian bawahnya beraplikasi sebagai meja belajar.
– Lemari pakaian yang beraplikasi dengan rak buku dan meja belajar
Selain itu, masih banyak contoh lainnya yang bisa anda temui khusus di toko furniture untuk diterapkan lebih tepat di dalam kamar tidur anda. Nah, yang terpenting kemudian ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam penataan ruang tidur, diantaranya adalah :

a.Untuk menciptakan kesan luas maka sebaiknya tempatkan furniture di sudut ruangan atau menempel pada dinding, contohnya seperti tempat tidur, lemari dan meja belajar.
b.Anda bisa memanfaatkan sudut kamar tidur untuk menempatkan meja mungil sebagai meja belajar atau meja kosmetik.
c.Untuk mengatasi ukuran kamar sempit, maka andalkan dinding untuk diaplikasikan sebagai rak buku. Sehingga anda bisa menempelkan dipan atau rak mungil pada dinding sebagai rak buku atau benda lainnya.
d.Walaupun ukuran kamar sempit atau juga untuk kamar yang luas, anda harus selalu memberi jarak untuk beberapa barang atau alat yang anda letakkan di dalam kamar sehingga kesannya tidak bertumpuk dan juga bisa memudahkan anda dalam bergerak.
e.Anda harus mengatur peletakan arah lemari misalnya saling berhadapan dengan meja belajar dan beri jarak khusus agar tidak terlalu sempit. Atau anda juga bisa mensejajarkan lemari dengan rak buku atau meja rias sesuai dengan ukuran kamar anda.
Desain interior kamar dengan hiasan
Setelah anda memperhatikan penataan, maka selanjutnya anda perlu perhatikan hiasan di dalam kamar yang sesuai dengan karakter atau kesukaan anda. Tentunya dengan gaya yang anda sukai maka anda bisa lebih nyaman dan kerasan berada di dalam kamar. yang harus anda perhatikan adalah:
a.Beri warna pada dinding yang sesuai dengan kesukaan. Sebaiknya beri cat dua warna yang lebih dominan sehingga kamar bisa terlihat lebih hidup misalnya krem dan hijau atau putih dan ungu.
b.Hindari warna yang sama antara dinding dengan furniture atau dengan warna seprei. Sebaiknya gunakan warna berbeda yang masih selaras sehingga kamar terlihat lebih menarik dan berkesan indah.
c.Anda bisa menambahkan beberapa aksesoris dinding seperti bingkai foto dan juga lukisan agar lebih indah.