Meeting Room

Interior Meeting Room

Setiap kantor tentu memiliki ruangan khusus sebagai tempat pertemuan, tempat rapat, atau yang sering disebut ruang meeting. Selain ruang lobby dan ruang kerja, maka ruang meeting ini juga perlu diperhatikan. Maka tidak heran jika saat ini para interior desainer banyak merancang konsep yang lebih menarik untuk ruang meeting.

Ruang meeting tentu harus diperhatikan, karena di dalam ruangan ini merupakan tempat pertemuan para karyawan bersama direktur dan orang penting lainnya. Tidak hanya itu, ruangan ini juga perlu didesain dengan konsep yang lebih nyaman sehingga bisa membuat para peserta rapat lebih nyaman, tidak bosan dan mudah dalam mengeluarkan berbagai aspirasi dan ide kreatif-nya.

A.Bagaimana konsep ruang meeting yang menarik?

Secara umum, ruang rapat atau ruang meeting memiliki konsep yang lebih formal agar para peserta rapat bisa lebih berkonsentrasi dan fokus pada pembahasan rapat. Namun saat ini, konsep Interior Meeting Room yang lebih banyak diterapkan adalah konsep yang lebih segar dan nyaman, sehingga para peserta tidak merasa monoton atau bosan. Bahkan, dengan konsep seperti ini bisa membuat para karyawan lebih rileks dan tidak tegang, sehingga memudahkan mereka dalam mengeluarkan pendapat, aspirasi dan juga ide-ide kreatifnya.

B.Bagaimana menciptakan ruang meeting yang lebih segar dan tidak membosankan?

Untuk itu, banyak hal yang perlu diperhatikan sehingga tercipta sebuah ruangan yang lebih segar, nyaman dan tidak membosankan. Yang perlu diperhatikan adalah:

1.Furniture yang nyaman dan minimalis

Dalam memilih furniture seperti meja dan kursi rapat yang nyaman maka sebaiknya pilih dengan kursi yang memiliki jok atau bantalan yang lebih empuk sehingga tidak membuat peserta merasa pegal atau lelah yang justru akan mengganggu konsentrasi mereka.

Untuk pemilihan meja tentu ada beragam dan bisa anda sesuaikan dengan konsep yang digunakan untuk kantor anda. Misalnya anda bisa memilih konsep meja dengan later U, later L ataupun dengan meja bundar dan meja persegi panjang.

2.Pencahayaan yang rileks dan nyaman.

Pencahayaan di dalam ruang meeting sangatlah penting. Apalagi jika nantinya diadakan meeting di malam hari. maka sebaiknya gunakan pencahayaan yang tepat. Pilih jenis lampu yang tidak terlalu terang seperti jenis lampu mangkok yang bisa diterapkan di beberapa sudut, sehingga suasana tidak terlalu silau.

Karena itu pun plafon ruangan perlu diperhatikan. Ruang meeting akan terasa lebih nyaman dengan plafon bertingkat sehingga lampu bisa dipasang dengan konsep bersembunyi pada plafon. Sehingga pantulan cahaya lampu tidak akan membuat mata mudah lelah dan mengantuk.

3.Jangan terlalu banyak aksesoris atau hiasan dinding

Ruang meeting tentu berkesan lebih segar dan tidak terlalu formal. Karena itu sebaiknya hindari tempelan dinding seperti poster, lukisan benda hidup ataupun frame foto pada ruang meeting. Akan lebih baik jika anda menerapkan lukisan abstrak dan cukup satu atau dua lukisan saja sehingga hal ini tidak akan mengganggu konsentrasi para karyawan.

4.Lengkapi ruang meeting dengan fasilitas

Tentunya pada saat meeting maka akan dibutuhkan berbagai peralatan atau fasilitas khusus, karena itu sebaiknya persiapkan segalanya untuk berada di ruang meeting secara permanen agar lebih mudah dan tidak ribet. Misalnya seperti proyektor, rak khusus penyimpan berkas, juga sediakan lemari khusus untuk menempatkan mesin all in one printer, mesin scanner dan lainnya yang memang dibutuhkan pada saat rapat.

5.Sirkulasi udara dan hindari ruang tertutup

Untuk tidak membatasi pola pikir dan kenyamanan, sebaiknya hindari ruang meeting tertutup. Karena itu anda bisa mengaplikasikan jendela atau cukup dengan dinding kaca yang menghadap ke luar ruangan sehingga nampak pemandangan luar yang lebih natural.