Restaurant / Cafe

Interior Restaurant dan Cafe Hotel

Setiap hotel tentunya dilengkapi dengan restaurant, cafe ataupun bar untuk menambah kenyamanan para tamunya. Restaurant bisa berlokasi secara terpisah dari hotel ataupun satu gedung dengan hotel. Interior restaurant dan cafe hotel juga menjadi hal yang patut diprioritaskan karena disanalah tempat para tamu hotel menghabiskan waktu menikmati hidangan dan kebersamaan dengan orang-orang tercinta selama berlibur. Konsep interior retaurant hotel tidak terpaku harus selalu sama dengan tema hotelnya dan bisa memiliki konsep sendiri yang lebih individual.

Restaurant disetiap hotel memiliki konsepnya tersendiri sesuai dengan jenis makanan khas yang ditawarkan. Ada banyak restaurant hotel yang spesialisasi disatu jenis makanan misalnya makanan khas italia, atau makanan khas Indonesia. Dengan tema makanan yang dijual tersebut bisa mempengaruhi jenis desain interior yang dipilih. Biasanya untuk restaurant ala western, maka konsep minimalis dan modern lebih ditonjolkan. Hal tersebut akan terlihat dari pemilihan tata ruang yang tidak rumit, pemilihan furniture yang simple, serta warna-warna bold yang menghiasi ruangan.

Untuk restaurant yang menjual makanan lokal, biasanya desain interior yang dipilih lebih menonjolkan tampilan khas Indonesia. Hal tersebut terlihat dari pemilihan furniture yang didominasi dari bahan material kayu. Selain itu, restaurant hotel yang berlokasi didekat tempat pariwisata biasanya menyediakan fasilitas lesehan yang nyaman untuk digunakan tamu yang membawa serta kerabat atau keluarga dalam jumlah banyak. Kemudian, penggunaan alat-alat makan juga akan dipilih yang memiliki konsep lokal misalnya alas piring yang terbuat dari rotan, dsb. Ini membuat suasana lokal lebih kental dan biasanya disenangi para turis dari mancanegara.

Apa saja faktor yang mempengaruhi interior  restaurant dan cafe hotel?

– Restaurant

Restaurant hotel biasanya memiliki ruangan yang jauh lebih besar dari cafe sehingga memiliki kapasitas yang jauh lebih besar. Untuk restaurant, dipilih furniture-furniture yang applicable untuk kegiatan makan seperti dining table. Meja dan kursi makan memang bisa disesuaikan dengan tema restaurant. Misalkan restaurant dengan tema klasik akan menggunakan tipe meja dan kursi yang tinggi. Sedangkan untuk restaurant dengan tema minimalis akan menggunakan meja kursi makan yang simple tanpa banyak ornamen-ornamen.

– Cafe

Cafe hotel biasanya diperuntukkan untuk sekedar menikmati minuman segar dan makanan ringan. Cafe merupakan tempat yang sangat cocok untuk menikmati makanan atau minuman dalam suasana yang lebih santai. Biasanya pada interior cafe disediakan space khusus disalah satu corner untuk tempat diadakannya live music dari band atau penyanyi. Biasanya cafe memiliki luas yang lebih kecil dibanding restaurant. Namun interior cafe bisa dibuat dengan lebih beragam dan unik. Memasang ornamen unik atau lukisan-lukisan bisa menambah nilai estetika pada interior cafe hotel. Meja bar, kursi-kursi yang simple sangat cocok untuk mempercantik interior cafe.

Hotel bisa saja hanya memiliki restaurant tanpa cafe atau memiliki keduanya. Bahkan beberapa hotel menggabungkan konsep restaurant and cafe agar lebih menarik dan bisa membuat para tamu hotel terkesan. Interior restaurant dan cafe sekarang ini banyak yang mengusung konsep modern minimalis. Selain bisa menghemat space dan membuatnya terasa lebih luas, konsep modern minimalis juga memberikan kesan tampilan yang anti ribet. Memilih konsep restaurant dan cafe untuk hal desain interiornya tidak hanya mengedepankan nilai estetika tapi juga faktor kenyamanan agar para tamu tidak hanya terkesan dengan tampilannya tapi juga bisa benar-benar menikmati suasana interior restaurant dan cafe saat menyantap hidangan.