Office Management

Interior Office Management di Hotel

Setiap hotel memiliki struktur organisasi front office atau kantor depan. Setiap bagian memiliki ukuran ruangan serta jumlah karyawan yang berbeda tergantung dari kecil ataupun besarnya suatu hotel. Interior office management pada hotel diaplikasikan pada front office dan function room lain yang biasa digunakan untuk aktifitas bisnis ataupun administrasi perkantoran. Front office memiliki peranan yang cukup vital pada hotel karena menjadi tempat pertama dimana kegiatan hotel dilaksanakan. Mulai dari ketika tamu akan melakukan registrasi atau check in sampai akan melakukan check out.

Kegunaan office management disebuah hotel tentunya tidak hanya sebagai ruangan bagi front office manager dan staffnya. Ruangan ini juga melibatkan kepentingan tamu. Setiap tamu atau pelanggan bisa menyampaikan keluhan ke bagian office management mengenai fasilitas ataupun pelayanan yang dirasa kurang memuaskan. Office management merupakan bagian yang menangani berbagai wilayah dihotel mulai dari bagian front office sampai business center.

Front office

Front office merupakan bagian terdepan hotel dimana banyak aktifitas dilakukan disini. Mulai dari menyambut para tamu, melakukan aktifitas check in dan check out, menunggu registrasi, menyampaikan keluhan bagi para tamu, dsb. Maka front office memiliki peranan yang cukup penting dan setiap hotel pastinya memiliki front office. Desain front office biasanya dibuat dengan interior yang tidak rumit dan biasanya memiliki space yang tergabung dengan lobby.

Pada ruang front office terdiri dari meja, alat tulis, komputer, telepon, dan lain sebagainya yang mendukung semua kegiatan dihotel. Desain interiornya tergantung dari tema hotel secara keseluruhan namun sebagian besar gaya yang diaplikasikan oleh hotel untuk front office adalah modern minimalis dimana tidak banyak corak yang diterapkan. Warna-warna yang digunakanpun lebih cenderung netral dan kalem.

Business centre

Interior office management juga diaplikasikan pada beberapa business centre seperti meeting room, convention hall, ballroom, ataupun exhibition room. Office management menggunakan desain yang lebih formal. Hal tersebut dilihat dari berbagai pemilihan furniture yang memiliki gaya formal. Selain itu, warna dinding juga lebih bersifat netral seperti dipilihnya warna-warna coklat, abu, navy, ataupun putih.

Begitupun pada bagian furniture dimana warna-warna lebih kalem dan tidak mencolok. Business centre pada suatu hotel memang diperuntukkan untuk berbagai kegiatan bisnis yang biasa diselenggarakan instansi pemerintahan maupun perkantoran. Acara-acara yang digelar seperti rapat, konferensi, seminar, pelatihan, dll dilaksanakan diruangan khusus pada hotel sehingga acara bisa berjalan dengan lancar dan efisien.

Baik front office maupun business centre, kesemuanya merupakan bagian dari office management suatu hotel. Semua kontrol akan kebutuhan dan aktifitas dihotel diketahui dan tersimpan datanya dibagian office management. Ruangan office management merupakan sumber informasi mengenai hotel dan seluruh kegiatan didalamnya yang diawasi langsung oleh seorang manager. Maka, ruangan office management dibuat berdasarkan sisi fungsionalnya. Maka, desain interior yang dirancang lebih menitikberatkan pada fungsi.

Untuk tampilan, ruangan ini dibuat memang layaknya sebuah office dimana ada meja kursi dan komputer untuk mengolah data. Selain itu, furniture tambahan seperti lemari arsip juga melengkapi interior office management untuk menyimpan berbaggai dokumen penting baik yang berhubungan dengan struktur organisasi hotel maupun para tamu yang menginap dan menyelenggarakan acara. Jadi, interior untuk office management memang tidak begitu berbeda dengan ruang kerja pada umumnya yang bisa dilihat diperkantoran. Setiap elemen didalamnya menonjolkan sisi fungsional.