Ballroom

Interior Ballroom Multifungsi  

Hotel memiliki banyak fungsi selain untuk menginap dikala menikmati perjalanan atau liburan. Ada berbagai ruang yang multi fungsi untuk berbagai kebutuhan termasuk salah satu diantaranya ialah ballroom. Interior ballroom memang biasanya dibuat dengan ruangan yang sangat luas. Ballroom memang diperuntukkan untuk menyelenggarakan acara besar seperti pameran, pesta pernikahan, kongres,pesta ulang tahun, ataupun kegiatan bisnis yang memerlukan ruangan berkapasitas besar. Ballroom tidak hanya sekedar ruangan yang luas tapi ballroom dapat disulap dengan interior desain yang sesuai dengan keinginan pelanggan atau tamu.

Ballroom memiliki spesifikasi khusus dari segi ukuran dan interior desainnya, seperti:

– Ukuran

Ukuran ballroom memang berbeda dari function room lain seperti meeting room ataupun convention room. Ballroom memiliki ukuran yang sangat luas yang bisa menampung banyak orang. Biasanya suatu ballroom bisa menampung mulai dari dari 500-1000 orang dan bahkan beberapa hotel menyediakan ballroom dengan kapasitas yang lebih besar lagi. Sedangkan untuk function room lain seperti meeting room maka kapasitasnya lebih sedikit mulai dari 10 sampai 100 orang. Dengan luas yang lebih besar, ballroom juga bisa disekat dan digunakan untuk beberapa acara sekaligus. Itulah mengapa ballroom sangat fungsional dan memiliki kelebihan dari sisi luasnya.

– Interior desain

Untuk interior desainnya, ballroom biasanya dibuat dengan tidak menggunakan banyak ornamen atau detail. Ballroom dihotel-hotel ada yang menggunakan banyak pilar penyangga dan ada pula yang tidak tergantung dari konsepnya. Ballroom memiliki interior desain yang lebih simple karena saat ada acara maka ballroom bisa didekor sesuai dengan keinginan pelanggan. Untuk melengkapi interior ballroom, furniture juga diperlukan seperti penambahan meja atau kursi. Untuk standing party memang tidak memerlukan kursi hanya beberapa meja yang berfungsi untuk menyajikan berbagai makanan. Sedangkan untuk party biasa maka biasanya kursi dan meja disediakan dan round table adalah yang paling sesuai untuk party.

Ciri khas dari ballroom selian dari luasnya yang melebihi rata-rata ruangan pada umumnya ialah ceiling yang tinggi. Ballroom hotel biasanya memiliki ceiling yang lebih tinggi atau bahkan paling tinggi diantara ruangan lainnya. Ceiling yang tinggi berfungsi untuk memberikan space yang lebih luas sehingga sirkulasi udara lebih baik terlebih ballroom memiliki kapasitas yang banyak. Kemudian, dengan ceiling yang tinggi dan ukuran yang luas maka suara bisa lebih terdengar lebih baik diseluruh ruangan.

Kemudian untuk acara pesta, selalu disediakan space khusus pada ballroom untuk ballroom dancing. Di Indonesia mungkin kegiatan ballroom dancing masih jarang dilakukan. Ballroom dancing biasanya sangat lumrah dilakukan diballroom-ballroom luar negeri ketika diadakan pesta. Interior ballroom biasanya juga didukung dengan lantai kayu aau wood floors. Ada beberapa ballroom yang lantainya dibuat tidak rata. Artinya ada beberapa bagian dari ballroom yang dibuat lebih tinggi dibanding bagian lainnya. Lantai tersebut bisa digunakan untuk berbagai fungsi seperti panggung, menempatkan alat musik, dsb.

Ballroom hotel di Indonesia paling sering digunakan untuk menggelar acara pesta pernikahan. Suasana ballroom yang luas bisa didesain dengan berbagai macam gaya interior yang disesuaikan dengan pesta. Ballroom hotel masih menjadi tempat favorit bagi para calon pengantin untuk mengadakan pesta pernikahan. Dilihat dari sisi fungsionalnya, ballroom memang sangat multifungsi terlebih lokasinya yang berada didalam hotel membuat akomodasi semakin mudah dan praktis. Demikian informasi seputar interior ballroom hotel yang kini semakin berkembang dan banyak digunakan.